Selasa, 05 Oktober 2010

BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI MODERN MEMBERIKAN KONTRIBUSI PADA MAKIN SINGKATNYA BATAS WAKTU TRANSAKSI BISNIS SERTA CONTOHNYA

Banyak sekali para pengusaha bisnis berlomba-lomba untuk mengunggulkan produk usahanya, Di sini saya katakan bahwa salah satu faktor penting pebisnis untuk memenangkan persaingan adalah karakter. Maksudnya, karakter pebisnis yang bertanggung jawab dan responsif dalam menghadapi keadaan dan situasi bisnis sangat menentukan kesuksesan bisnisnya.
Ketika internet makin popular di akhir tahun 1990-an banyak orang yang memasarkan bisnisnya menggunakan IT (Information Technology). Mereka menawarkan barang/jasa dengan lebih mudah dan cepat melalui website yang mereka gunakan. Karena dengan cara ini bisa di katakan lebih mempersingkat batas waktu transaksi bisnis terhadap masyarakat.
Tidak perlu adanya promosi (kampanye) dari tempat ke tempat. Asalkan produk yang kita miliki, mempunyai nilai tambah tersendiri dari sisi konteks, bisa berupa kemasan produk, cara pelayanan, dan cara penggunaan. Karena dengan cara memberikan penawaran produk yang kreatif itu merupakan salah satu nilai tambah yang bias membedakan produk kita dengan produk yang lain, karena makin tinggi kreatifitas yang kita tunjukkan maka makin tinggi persaingan bisnis yang kita hadapi.
Mungkin dahulu masih belum kebanyakan para pengusaha kecil kecilan mempromosikan bisnisnya melalui IT (Information Technology) menggunakan Internet,ada pun cara efektif yang lain untuk mempromosikan produk usahanya. Akan tetapi bagi yang masih belum bisa memanfaatkan ITM (Information Technology Moderen), kemungkinan para pengusaha kecil kecilan masih membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk mempromosikan produknya dengan cara penyebaran brosur dari rumah ke rumah atau kampanye dari tempat ke tempat, dan itu pun termaksud salah satu promosi juga akan tetapi itu pun tidak jadi masalah karena salah satu cara yang baik agar konsumen mengetahui keberadaan usaha dan menggiring mereka untuk membeli produk kita dengan adanya promosi.
Salah satu cara untuk mempersingkat waktu dan tenaga dengan cara, memperluas jaringan akan sangat membantu. Menurut Jakoep, minimal setiap orang harus memiliki 10 kali lipat network dari umurnya sekarang. Jika kita lihat secara rasional, ini memang sangat benar. Semakin besar network kita, semakin besar pula kesempatan kita untuk bisa bersaing. Network tidak selalu identik dengan bantuan, tapi selalu dapat membuka kesempatan baru bagi usaha kita.
Peluang usaha yang bagus dapat didapatkan dari kemampuan kita menciptakan network. Menciptakan network saat ini jauh lebih mudah dari pada 10 tahun yang lalu, teknologi internet mampu membantu mempercepat proses networking anda. Mencari relasi, mencari kastemer, membangun bisnis, INTERNET mutlak diperlukan untuk kondisi saat ini. Maka dengan cara ini merupakan salah satu cara untuk mempersingkat batas waktu transaksi bisnis alangkah lebih bagusnya jika kita dapat memanfaatkan ITM (Information Technology Moderen) sakarang ini.
Beberapa hal yang menyebabkan jaringan dan teknologi internet populer adalah :
1.Cakupan yang luas (menjangkau seluruh dunia)
2.Implementasi relative lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jaringan atau fasilitas lainnya.
3.Teknologi internet yang terbuka (open standard) sehingga tidak tergantung kepada satu vendor terentu. Implementasi teknologi internet, TCP/IP, tersedia di semua platform kompter (Microsoft Windows, Apple, UNIX, Linux, dan lain-lainnya).
4.Penggunaan web browser mempercepat pengemabangan dan peluncuran (deployment) aplikasi serta mengurangi learning curve dari pengguna.
5.Teknologi internet juga memungkinkan konvergensi berbagai aplikasi menjadi satu.
Dalam dunia perbankan di Indonesia pengaplikasikan teknologi informasi telah lama dilakukan yaitu sejak era komputerisasi dan telekomunikasi. Teknologi informasi merupakan hal yang vital bagi dunia perbankan, dan dimanfaatkan seluas-luasnya untuk mendukung transaksi keuangan dan memperluas jaringan serta memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan kepada nasabahnya. Harus diakui, aplikasi kemajuan teknologi memang membuat semua hal menjadi serba cepat dan mudah, misalnya transaksi perbankan lewat internet banking. Tinggal klik, kita sdah bisa melakukan transaksi perbankan. Mau transfer uang tinggal klik, mau bayar tagihan tinggal klik, mau beli pulsa telepon genggam (handphone) tinggal klik.
Kehadiran internet banking membuat perubahan besar dalam layanan perbankan. Segala jenis transaksi yang dulu manual kini bisa diselesaikan tanpa mengenal ruang dan waku lewat dunia maya. Segala jenis layanan perbankan bisa dilakukan sendiri seperti cek saldo, melihat daftar mutasi, pemindah bukuan (transfer rekening), melakukan pembayaran kartu kredit, tagihan telepon dan Hp, listrik, PAM, dan sebagainya kecuali yang langsung melibatkan uang tunai seperti penyetoran dan penarikan.
Persyaratan bisnis dari internet banking antara lain:
• Aplikasi mudah digunakan
• Layanandapat dijangkau dari mana saja
• Murah
• Aman
• Dan dapat diandalakan (reliable)
contoh :
1.atm
2.bisnis online (e-commerce)
3.pembayaran secara 0nline ( listrik, telepon, dll)
Dengan pekembangan yang sangat berkembang, semua dapat di lakukan dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar